Part I: Cerita PK-131 LPDP Arutala Jingga




 Yogyakarta, 18 Januari 2019,


Halo teman-teman, alhamdulillah akhirnya saya bisa menulis artikel lagi setelah 4 bulan nganggur ckck (lama juga yah ). Ok, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti PK (Persiapan Keberangkatan) LPDP 2018.

Alhamdulillah setelah dinyatakan lolos seleksi substansi beasiswa LPDP 2018,  tiga pekan kemudian kabar dari LPDP pun tiba melalui  notifikasi email untuk menginfokan jadwal PK (Persiapan Keberangkatan). Alhamdulillah saya masuk ke PK-131  “Arutala Jingga”  yang diselenggarakan pada 5-9 November 2018.

Singkat cerita (kalau dijelasin pasti panjang lebar dan kemana-mana hehee), Alhamdulillah PK kami mendapatkan hak spesial yaitu diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata Depok padahal PK lain biasanya di Wisma Hijau, dengar-dengar nih karena Perwakilan Angkatan kami keren dan kece-kece, pokoknya kerjanya mantap menghandel PK  dan masih banyak lagi hak spesial yg kami dapatkan, tunggu aja ceritanya di bawah ini.

oh iya teman-teman PK (Persiapan Keberangkatan)sebenarnya punya tahapan:

1. Pra PK

Pada tahap ini, kami dikumpulkan dalam satu group WA membahas tentang persiapan-persiapan sebelum  diselenggarakannya PK. Mulai dari menentukan Perwakilan Angkatan, membuat database awardee, lagu angkatan, Nama angkatan, logo angkatan dan filosofinya, maskot angkatan, menghafal lagu dan ikrar LPDP , konsep acara, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya.

Hal yang menarik, di group itu kami sangat cepat akrab dan lumayan kompak dalam menyusun konsep acara, walaupun pasti ada berlainan pendapat (wajar sih kami kan beda suku, budaya dan umur tapi tetap satu, Indonesia raya hehe). Agar koordinasi berjalan baik dan teratur kami membuat group-group kecil dan pusat informasi agar informasi-informasi penting dapat tetap terbaca. oh iya, Kami terdiri dari 120 orang, coba bayangkan ributnya group WA itu ??$%^&. Makanya harus punya strategi khusus agar tetap satu koordinasi.

Pada pra PK ini saya selalu menjadi ketua group (mungkin karena kosong yah ckck). Tugasku biasanya  mengingatkan teman-teman untuk aktif di milis dan ikut voting yg berhubungan dengan PK. Oh iya, diskusi kita selain di WA, kita wajib diskusi di milis karena keaktifan anggota di milis sebagai acuan pihak PIC PK  ( Pak Kamil ) menilai PK ini berjalan sebagai mana mestinya. Milis itu Miling list yah (aku juga baru tahu dan pakai gegera LPDP ini).

Haripun berganti hari, H-7 akhirnya jadwal PK PK-131 Arutala Jingga diumumkan melalui email. seperti yang saya sebutkan sebelumnya, PK-131 di selenggarakan di Hotel Bumi Wiyata , Depok  5-9 November 2018.

Sebelum berangkat ke Depok, kami group regional harus bertemu dulu hehe, oh iya saya berada di group regional Sulawesi Selatan (Intinya di WA banyak sekali group). Kami membahas persiapan-persiapan keberangkatan, seperti kapan booking tiket, jam berapa ke bandara, oleh-oleh apa yang dibawa, pesan baju adat (nanti di PK ada sesi penampilan baju adat hehe). Pokoknya seru dehh


 
Kopdar Regional Sulawesi Selatan

Saya perkenalkan yah, sebelah kiri Hartina (ITS), Kak Ayu (UniBraw), Saya (UGM), dan kak Irwansyah (UGM)

Persiapan berangkat ke Depok

Saat-saat kami akan berangkat ke Bandara Soeta melalui Bandara kebanggaan masyarakat Makassar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Sebenarnya kami berlima, tapi teman kami yang satu sudah ada di Depok beberapa pekan yg lalu, entah apa yang ia bikin di sana hehehe, namanya Ismail Waliq biasa dipanggil mail , ia akan melanjutkan studinya di ITB.

Nah selanjutnya

2. PK (Persiapan Keberangkatan)

Tapi nanti saya lanjutkan ceritanya yah hehehe....

Sekian dan terimakasih




Part I: Cerita PK-131 LPDP Arutala Jingga Part I: Cerita PK-131 LPDP Arutala Jingga Reviewed by Pulung Hendro Prastyo on Friday, January 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.